TOTAL IS TRUST (Bukan Sekedar ‘Totalitas’) by @aditriasmara
Uncategorized
June 23, 2015
4

Setiap orang yang saya temui, setiap buku yang saya baca, setiap kisah yang begitu menggugah selalu menghadirkan sebuah tanya sederhana bagi saya, “Mengapa satu orang sukses sedangkan orang yang lainnya tidak seperti itu?” Pertanyaan ini akhirnya bermuara pada sebuah jawaban yang saya temukan, baik secara langsung ataupun tidak langsung, dari pelajaran-pelajaran yang saya dapatkan: TOTAL IS TRUST (Bukan Sekedar ‘Totalitas’) Apa maksudnya?

Sahabat CerdasMulia pasti kenal siapa Steve Jobs, kan? Ia adalah orang di balik mendunia nya Apple, salah satu perusahaan paling berpengaruh di dunia. Ada apa dengan Steve? Menarik sekali bahwa ia memulai bisnis nya dengan perjuangan yang tidak mudah. Ia pergi ke kampus tanpa beralaskan kaki, bahkan ia sempat tidur dan menetap di kampus. Ia sempat bekerja di sebuah perusahaan yang memproduksi permainan-permainan digital, yang kemudian ia merasa bahwa kreativitasnya dibatasi.

Lalu, apa ia merasa frustrasi karena tidak bisa mengembangkan kreativitas nya tersebut? 

Tentu tidak. Ia, bersama salah satu sahabatnya, memulai bisnis computer dari ‘kantor’ kecil-kecilan yang pada dasarnya adalah sebuah garasi. Namun ia terus memperjuangkan Apple, ia rela memangkas waktu tidurnya untuk berpikir dan bertindak sesuai dengan apa yang ia yakini, apa yang telah menjadi passionnya. Steve benar-benar TOTAL dalam menjalani semua aktivitas yang sejalan dengan impiannya. Alhasil? Seperti apa yang sama-sama bisa kita lihat saat ini, Apple jadi salah satu icon yang mendunia dan produk-produk nya begitu dipercaya banyak orang.

JK Rowling pun memiliki kisah yang serupa dimana ia mengawali karirnya bahkan dengan status orang miskin yang layak mendapatkan santunan di negaranya. Draft bukunya di tolak di berbagai penerbit yang sempat membuat nya bersedih. Tapi, hidup adalah pilihan. Ia memilih untuk tetap berusaha TOTAL memberikan yang terbaik dalam karya nya dan mempersembahkan karya yang datang dari hatinya tersebut bagi khalayak. Totalitasnya pun terbayar. Ia menjadi begitu sukses dengan novel seri Harry Potter yang melegenda. Berbagai penolakan yang menyakitkan berujung pada sebuah apresiasi yang sangat besar dari seluruh dunia yang mengagumi karyanya.

Mungkin memang saya tak sempat bertemu Steve Jobs ataupun JK Rowling, namun beruntung saya memiliki guru dan mentor yang tak kalah dahsyat dari kedua tokoh yang saya sebutkan diatas. Mereka adalah Kak Arry Rahmawan, founder CerdasMulia Institute, dan Kak Maradhika Malawa, Directur Utama Young Trainer Academy. Ada satu nilai yang saya pelajari dari keduanya, yang serupa dengan apa ditunjukkan oleh orang-orang hebat di dunia ini: TOTALITAS.

Keduanya rela memangkas waktu istirahat mereka demi mengembangakan CerdasMulia ke arah yang lebih baik. Berbagai inovasi ditemukan, berbagai program dijalankan, tanpa meninggalkan nilai pijar CerdasMulia, yang dikenal dengan 3I (Iman, Ilmu, Impact). Munculnya social media inspiratif, circle.cerdasmulia.net; pelatihan public speaking untuk anak muda, youngtraineracademy.com; hingga sebuah portal pembelajaran public speaking yang didedikasikan untuk semua orang yang ada di Indonesia yang ingin belajar seputar dunia public speaking, yaitu teknikpublicpspeaking.com. Bagaimana dengan ISI dari ketiga program tersebut? Hmm, jangan ditanya! Ketiganya membawa dampak yang luar biasa bagi begitu banyak orang karena memang dipersiapkan secara TOTAL dan maksimal.

Senang sekali berada di lingkaran CerdasMulia bersama para guru dan sahabat saya, karena lingkaran ini membuat saya terus meng-upgrade skill dan pengetahuan saya di berbagai aspek, mulai dari aspek hardskill hingga aspek softskill yang begitu menggugah. Hingga akhirnya saya menyadari bahwa efek dari TOTALITAS sangatlah besar. Bahkan saya mengatakannya sebagai TOTALISTRUST, dimana orang-orang yang memang TOTAL dalam mengejar nilai-nilai kehidupan yang mereka impikan selalu menghasilkan karya yang berdampak bagi banyak orang. Karena karya-karya berdampak yang dirasakan tersebut, maka TRUST dari public secara otomatis akan diraih. Dengan trust tersebut, orang-orang yang TOTAL tadi akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk berkarya dan terus berbagi untuk sesamanya. TOTAL IS TRUST. Are you ready to give your TOTAL effort? 🙂


  1. keren dim 🙂 makasih yaa, kembali menyemangati untuk lebih TOTAL lagi dalam berbuat.. 🙂

  2. Like like like likeeee 🙂

  3. kudu TOTAL…mameeeen tengyu

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar