#Selftivation: “Entrepreneur Leaders” (Part 1) by @aditriasmara

Sebuah pembelajaran dari Hasnul Suhaimi, mantan Presiden Direktur PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) dan Arry Rahmawan, Founder CerdasMulia Institute.

“Are we really a LEADER?”

Pertanyaan ini kerap sekali saya dengar terutama ketika para tokoh-tokoh kepemimpinan membahas tentang kriteria utama yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin. Seperti yang kita sama-sama tahu bahwa ada sebuah perbedaan yang sangat signifikan antara BOSS dan LEADER, meski keduanya sama-sama menjalankan fungsi kepemimpinan. Seperti sebuah gambar yang pernah upload di Instagram saya (@aditriasmara), bahwa ada lebih dari 5 ciri yang bisa dilihat untuk menilai apakah seseorang bisa kita katakana sebagai seorang pemimpin, diantaranya: 1) BOSS drives employees vs LEADER coaches employees, 2) BOSS depends on authority vs LEADER depends on goodwill, 3) BOSS inspires fear vs LEADER generates enthusiasm, dan lain-lain (cek: www.Instagaram.com/aditriasmara/ untuk lebih lengkapnya).

Sangat menarik tentunya ketika kita membicarakan mengenai LEADERSHIP karena pada dasarnya, ada begitu banyak hal yang bisa kita pelajari dengan baik dari berbagai sumber yang berbeda. Salah satunya saya dapatkan dari Pak Hasnul Suhaimi, seperti yang saya telah sebut diatas merupakan seorang pakar telekomunikasi, dalam event KONKRETPRENEUR yang diselenggarakan di UI. Dengan tema besar “Sukses E-Commerce dan Digital Marketing”, Pak Hasnul, yang kali itu berperan sebagai Keynote Speaker, secara ringkas memberi gambaran tentang karakteistik Entrepreneur Leaders di awal sesinya. Ada setidaknya 6 POIN UTAMA yang harus dimiliki oleh seorang Entrepreneur Leader. Ini mengingatkan saya dengan apa yang pernah disampaikan oleh salah satu guru saya di Young Trainer Academy (daftar.youngtraineracademy.com), Kak Arry Rahmawan, tentang hal yang serupa saat tim CerdasMulia sedang rapat mempersiapkan beberapa agenda rutin kami, diantaranya adalah Young Trainer Academy. So, enam point utama itu diantaranya adalah sebagai berikut: 

  1. Physical Appearance

    Apakah seorang Entrepreneur Leader harus memiliki postur yang tinggi besar penuh wibawa layaknya pemimpin-pemimpin besar yang diakui dunia layaknya Obama, Lincoln, atau bahkan Soekarno? Bagaimana jika kita terlahir dengan kondisi fisik yang, mohon maaf, kurang mendukung? Tenang, yang dimaksud dengan physical appearance disini adalah PROFESSIONAL LOOK. Untuk menjadi seorang Entrepreneur Leader, belajarlah untuk berpenampilan professional dimana kita akan layak menjadi seorang yang dihargai paling tidak dari caranya berpenampilan. Sekali lagi, PROFESSIONAL LOOK.

  1. Intellectual Ability

    Unsur yang kedua adalah unsur intelektualitas. Sebagai seorang Entrepreneur Leader, kita diharapkan memiliki kemampuan untuk berpikir kritis dalam beberapa hal yang memang membutuhkan sebuah penyelesaian atau solusi dari permasalah yang terjadi. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memperdalam kemampuan intelektualitas kita seperti halnya membaca, menghadiri seminar, bahkan dengan berinteraksi dengan orang-orang yang positif. Intinya, sebagai seorang Entrepreneur Leader, penerapan kemampuan CRITICAL THINKING kita sangatlah dibutuhkan.

  1. Social Ability

    Point yang ketiga adalah social ability. Apa maksudnya? Ya, seorang leader atau pemimpin wajib memiliki kemampuan sosial yang baik. That’s because life is not a one-man-show, bro. EMPATI adalah salah satu unsur fundamental yang perlu kita kembangkan sebagai seorang Entrepreneur Leader. Physical Appearance dan Intellectual Ability tentu tak akan berarti banyak jika kita tidak   memiliki kemampuan sosial yang baik. Tumbuhkan kepedulian terhadap sesama, belajar berkontribusi dan juga berbagi akan sangat membantu kita untuk tumbuh menjadi seorang pemimpin yang berpengaruh.

Tiga point di atas adalah point-point yang perlu kita perhatikan ketika kita ingin menjadi seorang Entrepreneur Leader. Masih ada tiga point lain yang bisa teman-teman simak dalam artikel saya yang berikutnya. Ke enam point tersebut membentuk sebuah piramida kepemimpinan yang sangat esensial bagi siapapun yang ingin menumbuhkan jiwa kepemimpinan di dalam dirinya. Sampai jumpa di tulisan saya berikutnya, #Selftivation: “Entrepreneur Leaders” (Part 2). Salam CerdasMulia!


Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar