#Englitivation: Pengetahuan Dasar TOEFL by @aditriasmara
Uncategorized
April 30, 2015
2

Depok, 29 April 2015
Sharing dengan FSI (Forum Studi Islam) FISIP Uiniversitas Indonesia.
“FSI Flies Abroad” – Basic TOEFL

Assalamualaikum, wr. wb. Hari Rabu (29/04/2015) kemarin, Alhamdulillah saya dapat kesempatan untuk sedikit sharing tentang basic TOEFL kepada para mahasiswa FISIP UI yang tergabung dala Forum Studi Islam. Nah, berikut adalah beberapa hal yang saya share disana. Semoga bermanfaat!

Pada dasarnya, kalau kita memiliki niat untuk melanjutkan studi atau mencari kerja ke luar negeri (terutama yang menggunakan bahasa Inggris), kita akan dihadapkan dengan sebuah test kelayakan bahasa Inggris: IELTS (International English Language Testing System) atau TOEFL (Test of English as Foreign Language). Umumnya, IELTS dibutuhkan oleh institusi di Australia, UK, New Zealand, dan Kanada. Sedangkan TOEFL digunakan di Amerika.

Nah, ketika kita membahas tentang TOEFL, sertifikat resmi TOEFL hanya dikeluarkan oleh dikeluarkan oleh ETS (English Test Service. TOEFL hanya boleh diadakan oleh institusi yang bekerja sama atau bahkan ditunjuk langsung oleh ETS.

Menurut formatnya, TOEFL dibagi menjadi 3 bagian:
1) PBT (Paper-Based Test)
2) CBT (Computer-Based Test) – tidak lagi digunakan sejak September 2006.
3) iBT (Internet-Based Test)

Karena CBT sudah tidak lagi berlaku, maka yang saat ini digunakan adalah TOEFL PBT dan juga iBT. TOEFL PBT (dengan maksimal score 677) biasa digunakan untuk keperluan kelulusan di beberapa universitas atau pendaftaran beasiswa, sedangkan TOEFL iBT (dengan maksimal score 120) diakui secara internasional. Jika dilihat dari strukturnya, TOEFL PBT terdiri dari: 1) Listening Comprehension, 2) Structure and Written Expression, 3) Reading Comprehension, dan juga 4) Writing (optional).

Sedangkan untuk TOEFL iBT, ada empat kompetensi yang diuji: 1) Reading, 2) Listening, 3) Speaking, dan juga 4) Writing. Jadi, dalam part speaking, kita akan diminta untuk berbicara mengenai sebuah topik umum, merangkum teks atau percakapan, dan merangkum obrolan seputar kampus. Jawaban kita akan direkam dan nantinya akan diperiksa oleh penguji.

Bicara mengenai TIPS dan TRICKS untuk menaklukkan TOEFL test tentu sangatlah banyak caranya. Yang jelas, sebelum belajar lebih lanjut mengenai TOEFL, kita diharapkan mampu untuk menguasai materi GENERAL ENGLISH secara utuh terlebih dahulu sehingga ketika kita menghadapi TOEFL test, kita tidak akan terlalu banyak mengalami kesulitan.

Beberapa cara bisa teman-teman lakukan untuk belajar GENERAL ENGLISH, mulai dari yang rumit, hingga yang sangat mudah dan cepat seperti yang ditawarkan oleh www.belajaringgrisdifacebook.com. Hanya login via facebook, teman-teman bisa dibimbing secara ekslusif oleh mentor yang ahli dan berpengalaman.

Sekian dulu sharing saya kali ini, semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum, wr.wb.

@aditriasmara,
President KIA (Komunitas Inggris Aja!)
Lingkar Trainer Muda Indonesia
Invite BBM: 5471C760


  1. Wah, Ka Adi hebat!! Terima Kasih Ka atas infonya!!

  2. wah bermanfaat sekali infonya ka adi , saya jadi tertarik untuk belajar lebih lagi..
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai TOEFL yang bisa anda kunjungi di Informasi seputar TOEFL

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar