Mengontrol Emosi
Uncategorized
March 13, 2015
0

Assalamualaikum sahabat-sahabat cerdas nan mulia..

 

Setiap manusia dianugerahkan oleh Allah berupa pikiran dan perasaan. Pikiran itu terbentuk dari informasi-informasi yang kita terima, bisa dari apa yang kita baca ataupun dari apa yang kita dengar. Sedangkan, perasaan itu timbul dari apa yang kita pikirkan, jika pikiran kita positif maka perasaan kita juga akan ikut menjadi positif, jika pikiran kita negatif maka perasaan kita juga ikut menjadi negatif.

Perasaan seringkali menjadi “Bos” yang mempengaruhi kita dalam bertindak. Banyak dari kita yang tidak mampu mengontrol perasaan kita sehingga menyebabkan timbulnya Mental Blok atau perasaan takut yang berlebih. Bahkan yang lebih buruknya, Mental Blok tersebut membatalkan kita untuk segera action.

Dalam tulisan ini, saya ingin sedikit sharing bagaimana caranya agar mampu mengontrol emosi kita. Salah satu caranya yaitu dengan teknik pernafasan + visualisasi. Yuk kita simak lebih lanjut :

  1. Mengendalikan perasaan dengan cara, “Tarik nafas cepat melalui hidung dan keluarkan panjang melalui mulut”. Cara ini bisa terus diulangi sambil membayangkan hal positif apa yang kita inginkan sampai kita benar-benar merasa tenang. Ini dilakukan disaat perasaan kita sedang kurang baik atau istilah gaulnya lagi galau.
  2. Jika sedang gugup, takut menghadapi sesuatu, menemui orang, atau berbicara didepan umum, maka teknik pernafasannya adalah “Tarik panjang lewat hidung kemudian buang cepat dan pendek melalui mulut”. Ulangi dan sambil bayangkan hal positif seperti apa yang kita inginkan. Lakukan sampai kegugupan kita mereda.

Dua teknik pernafasan + visualisasi tersebut bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja 🙂

Sekian sharing dari saya, mohon maaf apabila ada kekurangan..

Terima kasih. Semoga bermanfaat

 

Profile photo of Arif Rahman
Profile photo of Arif Rahman

Latest posts by Arif Rahman (see all)


Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar