kebiasaan baru untuk menulis
Uncategorized
July 16, 2015
0

PRACTICE and REPETITION

1. Meluangkan waktu untuk menulis, jangan pernah bilang “aduh ga ada waktu buat nulis, banyak tugas, banyak kerjaan dan masih banyak lagi” (ini mengeluh atau cari perhatian?)
Ternyata para penulis hebat dan kita itu yang membedakan adalah bukan karena mereka pintar tetapi karena mereka MAU, mau meluangkan waktu untuk menulis sedangkan kita MAU, mau menunda waktu untuk menulis dengan segudang alasan.

**Alhamdulillah saya telah menyelesaikan naskah buku terbaru saya pada saat saya sedang menyusun tugas akhir, ini buktinya bisa? Saya jadi tahu bahwa kemarin-kemarin bukannya saya tidak ada waktu, melainkan saya tidak mencoba meluangkan waktu untuk menulis.

2. Seorang penulis itu harus belajar banyak dari tulisan orang lain, banyak MEMBACA salah satu kuncinya. Jika kita malas membaca ya jangan harap kosa kata kita akan bertambah untuk memperbagus tulisan kita dan mudah dipahami oleh pembaca. Dengan begitu penyampaian pesan akan lebih rapi.

3. Buat alasan menyakitkan, misal “jika saya tidak menulis maka menghasilkan buku hanya sebuah ilusi”

4. BUat alasan menyenangkan, misal “jika saya menulis maka karya saya dibaca banyak orang, pahala saya terus mengalir, memiliki penghasilan sendiri diluar pekerjaan”

5. Buat blog pribadi, isinya bebas mau curahan hati, edukasi, motivasi, pengalaman orang lain. Sebarkan keorang lain supaya banyak yang membaca dan mintalah saran dan kritikan dari mereka untuk perbaikan tulisanmu dimasa yang akan datang.

6. Buat TARGET, ini hal yang paling PENTING!
Hidup tanpa target seakan berjalan tanpa arah. Buat target misal dalam satu hari minimal menulis satu artikel atau satu cerita. Maka dalam satu tahun kamu dapat menghasilkan 365 artikel atau cerita. Bahagiakan? Lakukan secara konsisten!

Jika kamu ingin sharing-sharing dengan saya mengenai dunia kepenulisan, tentang cinta, tentang kehidupan. Bisa hubungi saya di 0857-7915-5630 / 571CABAF


Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar