Allah Menolongku dengan “Salah Jalan”

Bismillah..
Hai, Assalamua’alaykum sobat CerdasMulia.. duh sudah lama saya gak menulis lagi ternyata lumayan sulit untuk istiqomah dalam menulis setiap hari terutama saat rasa ‘mager’ melanda hehe jangan ditiru ya sobat 😀

Tapi beberapa hari lalu ketika dua orang kakak-kakak hebat saya mengajak untuk menulis buku bersama, saya langsung semangat lagi untuk menulis, mengingat umur juga gak tahu sampai kapan saya pikir nanti nya akan sangat menyesal jika saya membuang-buang waktu ini terlebih lagi jika mengingat bahwa menulis merupakan salah satu cara yang baik untuk berdakwah, menebar kebermanfaatan hingga akhirnya dapat terus berkarya.

Inspirasi tulisan saya kali ini berasal dari pengalaman yang baru 4 bulan lalu kurang lebih saya alami. Check this out. Read more

Aku Selalu Mengira Masih Banyak Waktu

“Perasaan baru aja hari jum’at kok udah jum’at lagi ya?”
“Perasaan baru aja ngumpulin tugas,kok udah dapet tugas lagi?”
“Perasaan baru aja pulang ke rumah eh udah berangkat lagi”
“perasaan baru aja…”
“Perasaan…..”
Read more

Cukuplah Kematian Sebagai Pengingat

“Di manapun kalian berada, kematian akan mendapatkan kalian, kendati kalian berada di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh” (Q.S An-Nisa :78)

“Katakanlah : Sesungguhnya kematian yang kalian lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kalian, kemudian kalian akan dikembalikan kepada Allah, yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia memberitahukan kepada kalian apa yang telah kalian kerjakan” (Q.S Al-Jumu’ah : 8) Read more

Ya Allah, Maafkan Aku Lelah Karena Urusan Dunia

Bismillahirrohmanirrohim..

Apa kabar kawan? Sepertinya sekarang sudah memasuki bulan-bulan kesibukan yah, baik yang masih sekolah maupun yang kuliah apalagi yang sudah bekerja, hehe. Read more

Solusi Untuk Semua Masalahmu? Dekatkan Diri Kepada Allah
Uncategorized
July 31, 2015
0

Bismillahirrahmanirrahim…

Hai sobat circle.. sudah lama tidak menulis dan sudah lama juga sebenarnya saya mau membagi cerita ini namun ternyata baru kesampaian sekarang nih.
Kejadian ini terjadi sekitar 1 bulan sebelum datang nya bulan ramadhan yang baru saja kita lalui, saya berharap semoga pengalaman saya ini bisa menginspirasi untuk teman-teman semua. So, selamat membaca…

***
Read more

Sibuk Perbaiki Diri dengan Al-Qur’an, Ini Hadiah dari Allah
Uncategorized
June 23, 2015
0

Assalamualaikum sahabat circle!
Apa kabar nya? Semoga sehat semua ya..
Tidak terasa bulan ramadhan sudah menginjak hari ke 6, masih semangat kan? Harus dong 

Ohya, target apa saja yang sudah kamu jadwalkan selama ramadhan ini? Pasti salah satunya adalah membaca Al-Qur’an kan? Kebanyakan orang semangat membaca serta mengkaji Al-Qur’an hanya di bulan ramadhan saja atau bahkan hanya di awal-awal ramadhan saja, lalu selanjutnya? Ada yang tetap semangat ada juga yang malah turun grafik kerajinan nya.

Sahabat, padahal perlu kita ketahui Allah SWT telah menyiapkan banyak sekali hadiah alias ganjaran bagi orang-orang yang senantiasa di dalam hatinya tertanam rasa untuk mencintai Al-Qur’an.
Nah, mau tahu apa saja? Yuk dibaca dan dipahami beberapa hadist dibawah ini yang menjelaskan tentang keutamaan yang Allah berikan kepada Ahlul Qur’an. Read more

V.E.S.P.A
Uncategorized
March 31, 2015
0

Hayoo pasti pada tahu kan motor vespa yang mana? Tapi kali ini saya bukan mau membahas motor vespa melainkan V.E.S.P.A 😉

Kalau ngomongin cita-cita itu pasti gak ada habis nya, apalagi kalau cita-cita belum tercapai yang ada di pikirin terus di mimpiin terus. Nah buat mewujudkan cita-cita selain usaha,belajar dan berdoa ternyata ada lima komponen yang harus kita tahu dan kita bangun di dalam diri, yaitu adalah V.E.S.P.A alias singkatan dari “Visioner Eksploration Spirit Performance and Action”. Read more

Belajar Ikhlas Dari Tukang Ojek
Uncategorized
March 24, 2015
0

Menjadi disiplin dan teratur dalam melakukan berbagai aktivitas memang hal yang cukup sulit bagi saya jika hal tersebut dilakukan tidak berdasarkan dari hati nurani. Read more

Hidup Itu Harus CerdasMulia
Uncategorized
March 22, 2015
0

Dikisahkan ada seorang raja yang sedang dalam keadaan sakit parah…
Keesokan hari nya ia meminta seluruh prajurit nya untuk berkumpul karena ia ingin menyampaikan pesan-pesan sebelum kematian menjemput nya…
Read more

Menggapai Usia Yang Berkah
Uncategorized
March 18, 2015
0

Bismillahirrohmanirrahim..
Assalamualaikum sahabat circle..
Tulisan saya kali ini akan diawali dengan sebuah hadist..

“Sesungguhnya Allah murka, marah kepada setiap orang yang berilmu tentang dunia tetapi bodoh tentang akhirat”. (HR Abu Daud)

Nah, untuk itu yuk kita sejenak tinggalkan dunia dan menimba ilmu tentang akhirat 

Kawan, pernah gak sih mikirin tentang usia kita?
Misalnya “Umur aku sampai berapa tahun ya?”
“Udah umur segini berapa banyak dosa yang telah ku perbuat?”
“Berkah gak ya umur yang selama ini aku milikin?
“Udah bermanfaat belum ya umur yang aku milikin untuk orang lain?”

Jujur saja saya pernah bahkan sering memikirkan hal itu jika sedang merenung sendirian, saya rasa kamu pun juga pernah berfikir seperti itu, iya kan? 
Jika mengingat tentang usia memang agak menakutkan karena kematian hanya Allah SWT yang tahu sedangkan kita manusia hanya lah sebagai hamba Nya yang tak luput dari dosa, MasyaAllah.

Dan mereka berteriak di dalam neraka itu : “Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami niscaya kami akan mengerjakan amal shalih berlainan dengan apa yang telah kami kerjakan. Dan apakah kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berfikir bagi orang yang mau berfikir, dan apakah tidak datang kepadamu pemberi peringatan? Maka rasakanlah (adzab kami) dan tidak ada bagi orang-orang yang zalim seorang penolong pun”. (Q.S Fathir : 37)

Naudzubillah, sudah jelas sekali bukan bahwa Allah SWT telah memanjangkan umur serta memberi peringatan kepada kita untuk berfikir dan mengerjakan amal shalih, namun tampaknya kita sebagai manusia masih lalai akan hal tersebut.

Abu Bakar pun pernah berkhotbah dan beliau mengatakan, “ketahuilah wahai hamba Allah kalian hidup pada waktu pagi dan petang. Kalian tidak tahu ajal kalian. Jika kalian mampu menggunakan umur untuk beribadah kepada Allah, tentunya kalian tidak akan mampu tanpa pertolongan Allah maka bersegeralah beramal shalih agar kamu tidak mengakhiri hidupmu dengan kejahatan”. (Hilyatul Auliya 1/17)

Mungkin masih banyak lagi ayat atau pun hadist yang membahas mengenai umur, namun dengan dua pernyataan di atas saja saya rasa sudah cukup untuk membuat para pembaca merenung sejenak karena tentu kita tidak mau kan ketika di akhirat nanti tanpa pertolongan Allah?

Lalu bagaimana ya caranya agar usia kita berkah?

Ada banyak cara loh, tapi tenang saja saya sudah merangkum nya agar terlihat simple dan mudah untuk kita pahami.

1. Umur bukan pemberian Cuma-Cuma
Sahabat, kita harus selalu ingat bahwa umur yang kita miliki ini diberikan bukan untuk berhura-hura, melainkan umur ini adalah perjalanan hidup yang kelak akan kita pertanggung jawab kan semua nya, seperti sabda Nabi SAW : “tidak akan bergeser kaki manusia di hari kiamat dari sisi Rabb-Nya sehinggga ditanya tentang lima hal : tentang umur nya dalam apa ia gunakan, tentang masa muda nya dalam apa ia habiskan, tentang harta nya darimana ia peroleh dan dalam apa ia belanjakan, dan tentang apa yang ia amalkan dari yang ia ketahui (ilmu)”. (HR. At-Tirmidzi)

Kawan, lagi-lagi yang disebut pertama adalah tentang umur dalam hal apa saja kita gunakan?

2. Perjalanan yang jauh membutuhkan bekal
Sama seperti hal nya saya berangkat ke sekolah tidak mungkin hanya membawa satu buku tulis, melainkan membawa buku paket,alat tulis,bekal,minum dll.
Begitu juga dengan perjalanan kita ke akhirat tentu nya membutuhkan bekal, dan apa sih bekal nya itu?
Yup! Tidak salah lagi bekal nya hanya lah amal shalih saja yang akan dipertanggung jawabkan semuanya.
Maka dari itu hendak nya setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuat nya dan terus bertakwalah kepada Allah dan jangan lupa ya Allah mengetahui apa yang kita kerjakan.

3. Bertaubat dan lebih banyak menuntut ilmu
Kawan daripada menghabiskan waktu senggang untuk hal yang kurang bermanfaat lebih baik dipakai untuk menuntut ilmu Allah, salah satunya bisa dengan membaca Al-Qur’an beserta artinya kan.

Jangan pernah malu untuk bertaubat di usia muda, semakin menua usia kita maka akan semakin sulit pula lah kita untuk bertaubat, lagipula apa kamu mau bertaubat dengan kondisi yang sudah tua renta dan sulit kembali untuk melakukan aktivitas? Tentu akan lebih menyenangkan bertaubat di usia muda, iya kan? Daripada nunggu tua lalu ajal keburu menjemput, naudzubillah..

4. Jangan menunda-nunda waktu untuk beramal
“Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui dengan pasti apa yang akan diusahakan nya besok. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana ia akan mati. Sesungguhnya Allah maha mengetahui lagi Maha Mengenal”. (Q.S Luqman : 34)

Hayoo sudah jelas kan penjelasan Allah di atas?
Sesungguhnya menunda nunda suatu pekerjaan hanya akan membuat kita menyesal esok hari nya, karena saya pun sudah merasakan nya sendiri.

“Ah kenapa ini gak dikerjain kemarin aja ya? Sekarang tugas numpuk banget lagi”

Ada yang pernah seperti itu? Hihi…

5. Membiasakan beramal shalih walaupun sedikit tapi terus menerus
Rasulullah bersabda : “Amalan shalih yang paling di cintai Allah adalah yang terus menerus dikerjakan sekalipun sedikit”. (HR. Bukhori : 6464)
Sama aja kaya menabung di celengan ayam, walaupun sehari cuma seribu rupiah tapi kalau sebulan kan dapat Rp 30.000 , siapa yang gak senang?
Begitu pula dengan amal mungkin kita tidak merasakan kesenangan di dunia tapi nanti ketika di akhirat sedang diperhitungkan amal shalih kita wah wah senang nya bukan main jika amal nya numpuk kaya celengan yang sudah penuh.

6. Hendaknya lebih mencintai masjid
Sepertinya anak-anak muda zaman sekarang ini lebih mencintai tempat-tempat elite seperti mall,café,pasar swalayan dan tempat-tempat nongkrong lain. Tapi semoga kamu tidak ya? Hehe 😀

Padahal nih, “Ada 7 golongan yang Allah lindungi mereka dalam lindungan nya pada hari kiamat, di hari ketika tiada perlindungan selain perlindungan nya yaitu…seorang yang selalu terikat dengan masjid dan pemuda yang tumbuh dalam beribadah kepada Allah”. (HR. Bukhari 3/116)

So? Ayolah lebih mencintai dan memakmurkan masjid… biar umur yang kita miliki ini berkah dan senantiasa hati kita berada di jalan Allah.

Sahabat bagaimana setelah membaca 6 hal penting diatas? Ternyata asik kan mempelajari dan mengetahui lebih dalam tentang ilmu Allah.
Ayo mari sama-sama kita saling mengingatkan dalam kebaikan, jangan pernah malu untuk bertaubat sejak dini dan selalu ingat lah tentang kematian karena dengan mengingat kematian saya rasa hanya itu lah cara yang ampuh untuk membuat hati kita takut dan bergetar sehingga rasa untuk bertaubat dan berbuat kebaikan semakin besar.

Terakhir sebelum menutup tulisan saya kali ini pesan berikut nya adalah, pergunakan lah waktu yang kita miliki dengan sebaik-baik nya, jangan pernah tertipu ya kawan dengan waktu senggang yang kebanyakan orang gunakan untuk hal yang tidak bermanfaat.

Wassalamualaikum.. semoga bermanfaat 