Apa Sih Sukses Itu?
Uncategorized
May 4, 2015
2

“GUE INGIN SUKSES. GUE HARUS SUKSES. GUE PASTI SUKSES”

Mengawali tulisan ini, saya ingin mendoakan terlebih dahulu semoga semua sahabat yang senantiasa membaca selalu dalam keadaan sehat wal’afiat dan dalam perlindungan-Nya sehingga bisa beraktivitas seperti biasa dan nikmat dalam melakukannya.

Banyak dari kita yang mengatakan sukses, sukses, sukses. Banyak dari kita sangat mengharapkan kesuksesan bisa kita raih. Kalau dipikir-pikir, siapa sih orang yang tidak ingin sukses? Betul tidak? Saya pun jika ditanya ingin sukses atau tidak , pasti tanpa pikir panjang langsung jawab ingin lah

Saya ingin bertanya kepada sahabat semua, sebenarnya yang dimaksud sukses itu seperti apa?”

Pasti untuk jawaban yang satu ini pun semua orang akan berbeda-beda. Kenapa? Ya karena semua memiliki pengertian dan maksud sendiri. Setiap orang menginginkan kesuksesan masing-masing, tergantung dari sisi manakah orang melihatnya.

Menurut saya pribadi, sukses itu ialah suatu kondisi dimana kita berhasil meraih sesuatu yang benar-benar kita harapkan, walaupun itu harus dengan kerja keras banting tulang, berdarah darah. Semua dilakukan demi tercapainya yang kita inginkan, tapi dengan cara dan norma yang dianjurkan oleh Allah.

Ada lagi yang berkata, sukses ialah ketika kita berhasil mencapai sesuatu yang diharapkan dan dengan melihat sekitar. Misal memiliki karyawan, karyawannya harus berhasil juga. Lingkungan sekitar kurang mampu, kita bisa membuat menjadi terangkat derajatnya.

Memang, pengertian sukses tidak akan ada yang sama. Jika dilihat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia pun jika dilihat apa itu sukses akan berbeda. Ga percaya? Silakan dicek, hehe.

Tapi pertanyaanku adalah apakah sukses itu hanya bisa diukur dengan materi saja gaes? Orang yang kaya, bisa dibilang dia sukses? Sedangkan orang yang tidak kaya, atau biasa-biasa saja tidak bisa dibilang sukses? Kalau memang begitu, berarti sukses hanya bisa dimiliki oleh orang-orang yang memiliki uang yang banyak saja ya? Check this out.

Sebelum saya masuk dan bergabung di perusahaan training yang dimana di dalamnya berisi trainer-trainer hebat, yang salah satunya ialah termasuk salah satu motivator terbaik di Indonesia, dan selain itu terdapat juga orang-orang hebat lain di dalamnya, saya selalu berpikir bahwa sukses hanya bisa diukur berdasarkan harta yang melimpah.

Ternyata disana saya mendapat pemahaman yang selama ini saya keliru. Lebih-lebih ketika saya mengenal seorang guru yang fokus untuk menjelaskan sukses yang sebenarnya menurut kemampuan dominan otak kita.

Guruku mengatakan bahwa sukses itu bukan hanya dilihat dari materi atau harta saja yang banyak, tetapi dari 4-ta nya. Apa saja itu 4-ta? Mungkin sebagian dari kita sudah sering mendengarnya. 4-ta itu adalah Harta, Tahta, Kata, Cinta.

Yang pertama, Harta. Orang bisa dikatakan sukses ketika memiliki harta yang banyak. Harta yang dimiliki benar-benar didapat dari hasil kerja keras. Harta yang bisa digunakan untuk memenuhi berbagai keperluan dalam hidupnya. Setujukah sahabat orang bisa dikatakan sukses jika memiliki harta banyak?

Yang selanjutnya ialah Tahta. Yes, zaman sekarang siapa yang tidak ingin mendapat tahta tertinggi. Orang berlomba-lomba untuk mendapat tahta, jabatan tertinggi. Yang perlu diperhatikan adalah untuk apakah memiliki tahta tertinggi? Apakah benar-benar untuk memajukan, memperbaiki, ataukah untuk gaya-gayaan, atau merampas?

Orang yang sukses jika dinilai dari tahta adalah orang yang benar-benar fokus untuk membuat makin baik dan baik apapun yang dipimpinnya. Bukan malah sebaliknya, salah tujuan yang akhirnya membuat kita jauh dari ajaran agama. Setujukah sahabat orang bisa dikatakan sukses jika memiliki tahta tinggi?

Kemudian yang ketiga yaitu Kata. Apa maksud dari kata disini? Orang bisa dikatakan sukses ketika kata-katanya didengarkan oleh banyak orang. Konsep yang dimunculkan olehnya dipergunakan oleh orang banyak. Apapun yang keluar dari pikirannya berhasil diterima oleh orang banyak. Setujukah sahabat orang dapat dikatakan sukses jika katanya didengarkan banyak orang?

Dan yang terakhir adalah Cinta. Maksudnya apa? Hoho. Seperti ini, ketika orang tidak memiliki harta banyak, tahta tinggi, kata dan idenya tidak terlalu didengarkan banyak orang, namun dia dicintai banyak orang, dicintai karena pribadinya yang menarik dan lain-lain, sehingga kehadirannya disenangi dan ketidakhadirannya dicari-cari. Orang ini menurut guru-guruku bisa dikatakan sukses. Setujukah sahabat orang bisa dikatakan sukses ketika dia dicintai banyak orang?

Sahabat, mungkin kita agak sulit untuk menerima hal ini karena tidak semua orang pernah mendengarnya. Saya pun salah satu orang yang dulu agak sulit untuk menerima, karena logika saya menilai bahwa orang sukses adalah yang hartanya banyak. Tapi sekali lagi saya menganggap hal itu adalah hal lama yang untuk zaman sekarang sudah banyak berubah.

Apakah orang sukses menurut mereka (guru-guruku) harus yang keempatnya tinggi?

Tentu tidak. Orang bisa dikatakan sukses ketika minimal memiliki 1-ta yang tinggi. Tergantung kita mau memilih yang mana, yang menurut kita cocok untuk diri kita.

Tapi semua kan butuh uang Mas, dan kalau kita hanya modal kata dan cinta saja nanti ga bisa punya harta?

Ya bisa lah punya uang, punya harta. Cari dengan cara yang pas untuk kita. Gunakan katanya, gunakan cintanya untuk mencari uang. Misal? Sebagai tim konseptor, atau sebagai trainer, atau apapun juga bisa.

Sahabat, sukses itu pilihan. Sukses seperti apa yang sahabat inginkan itu semua tergantung pribadi masing-masing. Saya tidak akan memaksa sahabat semua untuk menerima sukses itu apa layaknya saya menerima pengertian sukses dari guru saya. Pilihan ada di sahabat semua. Yang pasti, sukses itu baik dan butuh kesungguhan dalam meraihnya.

Satu yang pasti, untuk menjadi sukses itu tidak bisa lewat jalan menunggu, tapi harus menjemputnya.

Profile photo of Radityo Fajar Priambodo
Profile photo of Radityo Fajar Priambodo

Latest posts by Radityo Fajar Priambodo (see all)


  1. bener bang, definisi sukses itu relatif,,,kita yang harus mendefinisikan sukses itu sendiri, biar kita tau perjuangannya seperti apa dan keberhasilannya seperti apa . CMIIW

  2. kereeen adit,
    terima kasih brothaaaa share nya 🙂

    Salam Berkah
    Salam #Tsaaah

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar