Aku Mau, Tapi…
Uncategorized
January 26, 2015
8

Assalamu’alaikum Wr.Wb
Semangat Pagi Sahabat Circle!
Apa kabar semuanya ? Semoga sahabat selalu dalam lindungan Allah SWT
Aamiin..

“Aku mau jadi seorang Trainer professional, TAPI aku masih muda.”
“Aku mau ikut Young Trainer Academy, TAPI belum cukup uang.”
“Aku mau mengisi Training, TAPI aku belum cukup pengalaman.”
Apa yang terbesit dalam pikiran sahabat semua ketika membaca kalimat tersebut?
Perhatikan ketika kita membaca kalimat awal, kita merasakan adanya kekuatan positif untuk melakukan sesuatu, namun terdapat kakuatan yang berlawanan arah sehingga menghambat kita untuk bertindak melakukan hal tersebut. Kekuatan itu muncul karena kita mengucapkan satu kata. Kata yang jika kita artikan kedalam bahasa Inggris hanya memiliki tiga huruf, kata yang sangat sederhana dan mengandung banyak ‘kotroversi’. waduuh?? Kata apa itu?
Kata itu adalah kata ‘TAPI
“Aku mau sukses, TAPI susah”
Yaaah… Tapi lagi -_-
Sahabat, kata TAPI memiliki kekuatan besar untuk menghentikan kita untuk meraih kesuksesan. Kata TAPI mengandung kata yang selalu berlawanan arah dengan kata sebelumnya. Ketika kita mengucapkan kalimat positif setelah itu di tambah kata TAPI maka kata itu akan menjadi kalimat yang negatif. Maka dari itu, kata TAPI disebut sebagai kata ‘negasi’ atau berlawanan arah. Biasanya kata TAPI sering dijadikan alasan untuk menolak sesuatu, atau menghentikan suatu pembicaraan.
Ex:
A : “Aku mau ikut YTA ah..”
B : “Yaudah nabung dari sekarang.”
A : “Tapi aku susah untuk nabung.”
B : “Bisa, kalo kamu niat pasti bisa.”
A : “Tapi, uang jajan aku untuk ongkos”
Dari percakapan diatas, si A menunjukan kalau dia sedang melakukan penolakan dan mencoba menghentikan suatu pembicaraan. Lagi lagi, dengan kata TAPI. Bisa dibayangkan, kalau seandainya kita jadi si B, dia selalu diberi jawaban dengan awalan TAPI, mungkin kita akan kebingungan bagaimana caranya melanjutkan percakapan, dengan kata TAPI seolah kita sudah tidak ada kalimat lagi untuk berbicara dan percakapan pun selesai. ( aduuh.. si Diah sok tau banget yaah ._.” Ini berdasarkan pengalaman yang saya rasakan sahabat, ehehe.. 😀 )
Bagaimana jika kita menggunakan kata TAPI untuk sasuatu yang positif ? tentu saja bisa. Dengan menambahkan kata TAPI setelah kita mngucapkan kalimat negatif.
“Meskipun saya udah capek berlatih, TAPI saya harus maksimal berlatih agar bisa  meraih kemenangan. Be different”

“Meskipun Young Trainer Academy pesertanya kebanyakan para mahasiswa dan pekerja, TAPI bukan berarti anak SMA tidak boleh berteman dengan mereka”
“Meskipun saya sudah terlambat, TAPI saya akan melakukannya daripada tidak.”
“Berhentilah, TAPI jangan hanya berhenti mendengarnya, TAPI berhenti juga mengucapkannya”
Sahabat, ternyata kata TAPI itu netral-netral saja, yang penting bagaimana kita menggunakan kata itu. Apakah untuk menghentikan diri sendiri atau menjadi kekuatan untuk penyemangat.
Coba renungkan berbagai tujuan yang belum tercapai dan kita raih, pasti ada sesuatu yang menghentikannya, coba selidiki apa saja yang ada dalam hati dan pikiran kita, mulailah dengan mengingat kembali kapan kita menggunakan kata TAPI yang menghentikan kita.
Setelah itu cobalah menggunakan kata TAPI yang menjadikan kekuatan, dengan cara selalu memiliki pikiran positif. Sebab, semua berawal dari pikiran. Jika berpikir bisa, maka kita pasti bisa. Ketika kita sudah mulai berkomitmen, berusahalah untuk tidak memunculkan kata TAPI. 
Konsepnya sederhana:
Positif + Tapi = Nagatif atau Negatif + TAPI = Positif
Tentunya sebagai kaum muslim, alangkah lebih baik jika kita menambahkan kata ‘InsyaAllah’
“Jika saya berfikir bisa, InsyaAllah bisa”

Profile photo of Diah Ayuningtias

Diah Ayuningtias

Medical Laboratory Technology student at Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Jakarta III.
No, I'm not shy. No, I'm not stuck up. No, I'm not antisocial 🙂 I'm just listening. I'm just observing. I can't stand small talk. But I'll talk about life for hours. I'd rather be home with a close friend or two than among a crowd of acquaintance. Don't scold me in public. Don't embarrass me in public. Respect that I an reserved. And if I open myself up to you, know that means you're very special to me.
Profile photo of Diah Ayuningtias

Latest posts by Diah Ayuningtias (see all)


  1. Halo Diah, ini adalah salah satu tulisan paling keren yang saya baca di Circle. Keep writing, keep inspiring! 😀

    • Terima kasih ka arry rahmawan 🙂 semoga bisa bermanfaat. Doakan saya semoga bisa istiqomah dalam Menulis dan bisa menginspirasi orang lain melalu pengalaman hidup saya 🙂
      Sukses juga untuk ka arey ya 🙂

  2. keren pake banget, makasih Diah inspirasinya! 🙂

    • Terima kasih untuk ka febby 🙂 masih dalam tahap belajar ka, doakan semoga tulisan ini bisa lebih baik lagi. Sukses untuk ka fabby,semangat untuk tetap menulis dan menginspirasi orang lain ya ka 🙂

  3. Yang muda yang berkarya…luar biasa..lanjutkan…

  4. Kusuka kusukaaa

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar